Thursday, March 19, 2015

 
FreeNAS adalah perangkat lunak bebas dan open source penyimpanan (NAS) sistem Network Attached berdasarkan FreeBSD dan sistem OpenZFS berkas. Hal ini berlisensi di bawah Lisensi BSD dan berjalan pada hardware x86-64 komoditas. FreeNAS mendukung Windows, OS X dan Unix klien dan berbagai host virtualisasi seperti XenServer dan VMware menggunakan CIFS tersebut, AFP, NFS, iSCSI, SSH, rsync dan FTP protokol / TFTP. Fitur canggih FreeNAS termasuk full-disk kriptografi dan arsitektur plug-in untuk perangkat lunak pihak ketiga.
 
FreeNAS dikelola melalui antarmuka web yang komprehensif yang dilengkapi dengan konsol shell minimalis yang menangani fungsi-fungsi administrasi yang penting. Antarmuka web mendukung konfigurasi storage pool, manajemen pengguna, konfigurasi sharing dan pemeliharaan sistem.

Sebagai sistem alat tertanam, FreeNAS boot dari perangkat USB Flash atau SATA DOM. Gambar ini dikonfigurasi menggunakan USB Flash / CD-ROM installer bootable. Sistem operasi FreeNAS sepenuhnya independen dari disk penyimpanan, memungkinkan kunci konfigurasi database dan enkripsi yang akan didukung dan dikembalikan ke instalasi baru dari OS. Pemisahan ini juga memungkinkan untuk FreeNAS sistem upgrade yang akan dilakukan melalui antarmuka web.
 
Sumber : Wikipedia

0 komentar:

Post a Comment